Powered by Blogger.

Sunday, May 26, 2013

Mendampingi Bayi Bermain



Memiliki bayi yang cerdas dan aktif dalam merespon situasi lingkungan di sekitarnya merupakan kebanggaan tersendiri bagi Anda sebagai orang tuanya. Untuk membentuk karakter seperti itu diperlukan usaha dari orang tua pula dalam memberikan stimulus kepada bayi berupa rangsangan-rangsangan yang dapat menggerakkan otak bayi untuk mengolah informasi dan memberikan responnya.
Tentu bayi akan senang jika diberikan stimulus yang sesuai dengan dunianya yang mulai tertarik dengan permainan. Namun Anda sebagai orang tua jangan asal memberikan mainan yang tidak ada nilai edukasi bagi pertumbuhannya. Apalagi jika Anda sangat disibukkan oleh rutinitas kerja di luar rumah, Anda akan memberikan mainan apapun asalkan anak anteng dan tidakrewel.
Semua kebiasaan seperti itu perlu Anda buang, karena yang terpenting bukanlah jenis permainannya yang mewah dan modern tetapi bimbingan Anda selaku orang tua dalam mendampingi bayi bermain. Barang-barang permainan hanyalah benda mati dan pasif, maka di sinilah peran Anda untuk menjadikan permainan tersebut sebagai media penstimulus otak
bayi agar aktif dan responsif.
Jenis barang permainan untuk bayi tidak perlu mahal, bahkan jika Anda kreatif, Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai media perangsang perkembangan otak bayi. Saat bayi main, Anda pun sebaiknya terlibat langsung dengan bayi agar terjadi kedekatan interaksi antara bayi dan orang tua.
Bayi yang menginjak usia 6 bulan sangat besar rasa ingin tahunya sekaligus tertarik pula untuk bermain. Sebagai penarik perhatian bayi, pilih barang permainan yang berwarna-warni dan berbunyi. Selanjutnya Anda bisa berstrategi dengan cara menyembunyikan mainan, hal ini akan membuat penasaran bayi untuk mencari mainannya yang Anda sembunyikan. Bermain memindah-mindahkan permainan dari satu wadah ke wadah yang lain, atau belajar menendang, menangkap benda, dsb.
Jenis permainan yang seperti ini akan melatih saraf motorik bayi untuk menyeimbangkan antara gerakan anggota tubuh dan matanya. Kemudian untuk melatihnya mengeluarkan suara, Anda bisa mengajaknya berbicara dengan kata-kata sederhana dan pendek, agar bayi bisa
langsung menirukannya.
Masih banyak lagi kegiatan bermain yang bisa Anda lakukan dengan bayi yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan otaknya.


Sumber: Kumpulan Artikel Bayi

Oleh: Baju Bayi Blessing

0 comments on "Mendampingi Bayi Bermain"

Post a Comment

 

baju bayi blessing Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez