Powered by Blogger.

Wednesday, May 29, 2013

Panduan Merawat Bayi 1


 Merawat bayi ternyata tak bisa dianggap sepele. Salah merawat , bisa-bisa teumbuh kembang bayi jadi terhambat, salah satu factor yg harus diperhatikan adalah lingkungan bayi misal, suhu udara luar yg tdk terlalu panas atau dingin, suhu air untuk mandi yg sebaiknya mendekati suhu tubuh bayi, penggunaan AC ruangan cukup distel menyerupai suhu tubuhnya.

Dan pastinya selain rasa nyaman diatas kebutuhan lainnya adalah Asih, Asah dan Asuh termasuk ASI, apalagi hal yg perlu diperhatikan oleh orang tua dalam merawat bayi ?


Berikut penjelasan lengkap dari Elizabeth yg dimuat dalam majalah Nova edisi 1248


Panduan merawat bayi bagian 1 :


MEMANDIKAN BAYI
Bayi sebaiknya dimandikan 1-2 kali sehari, waktunya disesuaikan dengan kondisi bayi, suhu air yg digunakan untuk mandi disarankan air hangat , tujuannya supaya perbedaan suhu air dgn suhu tubuh bayi tidak terlalu jauh, bayi tidak menggigil sesudah mandi dan tidak demam karena suhu airnya yg terlalu dingin.


Untuk mengukur suhu air yg pas, cukup samakan dgn suhu tangan orang dewasa. Siapkan air, masukan tangan ke baskom, kalau suhunya sama dgn tangan, berarti itulah suhu air yg sesuai untuk bayi yang ingin berfungsi untuk menjaga respon bayi tetap minimal, tidak perlu terlalu beradaptasi.


Sedangkan sabun yg bagus digunakan adalah semua produk sabun bayi, baik itu sabun batangan maupun sabun cair, karena pHnya lebih sesuai dgn pH bayi antara (4,5-5) dan biasanaya mengandung pelembab atau moisturizer.


Hindari memakai sabun dewasa, pada kasus-kasus bayi bermasalah pada kulitnya , bisa menggunakan sabun bayi yg memiliki kandungan hipoalergenik.


Sementara untuk shampo bayi, sebaiknya menggunakan shampoo khusus bayi yg biasanya tidak pedih dimata dan disediakan satu paket dengan sabun bayi.


MENJEMUR BAYI
Menjemur bayi sangat disarankan dilakukan sejak bayi baru lahir, dengan lama yg bervariasi antara 15-30 menit. Tujuan menjemur bayi adalah supaya bayi mendapatkan asupan vitamin D yg penting bagi tulang bayi, berhubung vitamin D pada ASI tidak terlau mencukupi, maka bayi memang disarankan untuk dijemur.


Selain itu menjemur bayi juga bisa mempercepat hilangnya kuning pada tubuh bayi.


MENYISIR RAMBUT BAYI
Tidak ada studi yg menunjukan rambut bayi harus dipotong / dicukur agar bisa tumbuh lebat dan subur. Mitos yg beredar selama ini , orang tua beranggapan rambut bayi harus dicukur agar tumbuh lebat. Padahal dicukur atau tidak rambut bayi akan berganti dengan sendirinya.


Secara alamiah rambut akan rontok dan berganti sendiri yg penting gunakan sisir khusus untuk bayi.


MEMILIH POPOK BAYI
Pada prinsipnya baik popok kain maupun popok sekali pakai / diapers harus terbuat dari bahan yg mampu menyerap air. Jadi permukaan atas harus selalu kering, pasalnya jika tidak kering akan menyebabkan iritasi dibagian selangkangan dan daerah kemaluan bayi.


Dan sebetulnya bayi tidak dipakaikan popok justru lebih baik, masalahnya kebanyakan orang tua tidak mau repot mengganti popok setiap 1-2 jam .


Yang mana disarankan sebaiknya di malam hari orang tua memakaikan popok yg menyerap air seperti diapera, sementara siang harinya bisa memakai popok kain.


Pasalnya jika bayi sering terbangun di malam hari , tidur tidak nyenyak maka perkembangan otaknya bisa terganggu.



Sumber: Kumpulan Artikel Bayi

Oleh: Baju Bayi Blessing

0 comments on "Panduan Merawat Bayi 1"

Post a Comment

 

baju bayi blessing Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez