Powered by Blogger.

Saturday, May 25, 2013

MEMAHAMI KECERDASAN EMOSI ANAK


MEMAHAMI KECERDASAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN ANAK


Adalah bentuk kecerdasan yang merupakan kemampuan untuk memahami dan bertindak bijaksana dalam menghadapi atau berhubungan dengan orang lain. EQ atau kecerdasan sosial  ini terkait dengan otak kanan yang berhubungan dengan emosi, daya kreasi, empati dsb.


Daniel Goleman membagi 5 wilayah kecerdasan emosi menjadi:ΕΎ


1.  Kemampuan seseorang untuk mengenail emosi pribadinya sehingga tahu yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Kemampuan ini adalah yang paling utama dari 4 kemampuan lainnya. Cara melatih kecerdasan emosi pada anak adalah dengan mulai meningkatkan pembincangan mengenai emosi terhadap  anak, memperkenalkan  emosi yang ada atau yang dirasakan oleh anak. 


2. Kemampuan seseorang untuk mengelola emosinya tersebut. Keuntungannya mampu lebih cepat menguasai perasaan dan kembali membangkitkan emosi yang normal.


3. Kemampuan seseorang untuk memotivasi guna memberikan dorongan maju kepada dirinya sendiri. Ciri-ciri: anak tidak mudah hancur, tidak mudah mengeluh, lebih rapi, lebih bahagia, lebih bisa berhubungan dengan orang lain dan sebagainya.


4.  Kemampuan seseorang untuk mengenal emosi dan kepribadian orang lain. Dapat mengenali emosi apa yang sedang dirasakan oleh orang lain, sehingga dapat pula berempati tanpa harus ikut terhanyut dalam perasaan orang lain.


5.  Kemampuan seseorang untuk membina hubungan baik dengan pihak lain. Dalam membina hubungan dengan orang lain diperlukan prinsip yang teguh dan kuat.Anak diajarkan tidak takut untuk menjadi berbeda dengan orang lain dalam hal-hal tertentu, jangan selalu mengalah/ berkorban untuk kepentingan orang lain.


Aspek - Aspek Kecerdasan Emosi           


Merupakan kemampuan untuk mengatur dan mengendalikan emosi diri sendiri, yang berarti memiliki fleksibilitas dalam berhubungan dengan orang lain            


Merupakan kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain, bergaul dan membaur dengan orang lain           


Merupakan kebutuhan untuk hidup dalam pembaharuan dalam kelompok bersama dengan orang lain,  lebih pada pemahaman dan saling menguntungkan.            


Merupakan  kebutuhan untuk menerima segala konsekuensi dari apa yang akan, sedang dan sudah dilakukannya.            Merupakan kemampuan mengenal diri sendiri dan orang lain sehingga individu itu mempunyai keyakinan yang kuat dalam melakukan tugas tanggung jawabnya.           


Merupakan kebutuhan untuk mengatur dirinya  sendiri tanpa dipengaruhi oleh kekuasaan orang lain.


Tips untuk Mengembangkan Kemandirian Anak


• Dorong anak agar mau melakukan kegiatannya sendiri ketika mereka sudah mulai mampu melakukannya


• Beri kesempatan anak untuk bermain sendiri tanpa harus ditemani


• Dorong anak untuk bisa mengungkapkan ide dan perasaannya


• Mulailah mengajak anak untuk mengurus rumah ketika anak mulai memiliki ketertarikan terhadap pekerjaan orang dewasa


• Dorong anak untuk mengatur jadwalnya sendiri ketika anak telah memahami konsep waktu


• Tidak melebel anak dengan julukan yang negatif


7 TIPS MENJADI ORANG TUA YANG IDEAL


Menyediakan waktu untuk anak Berkomunikasi secara pribadi Menghargai anak Mengerti anak Menciptakan hubungan yang baik Berikan sentuhan / kedekatan fisik dan kontak mata Dengarkan anak ANAK BELAJAR DARI KEHIDUPANNYA“Jika anak dibesarkan dengan Celaan maka ia belajar Memaki”“Jika anak dibesarkan dengan Kekerasan maka ia belajar jadi Tukang Pukul”“ Jika anak dibesarkan dengan Kasih Sayang dan Persahabatan maka ia belajar Menemukan Cinta Dalam Kehidupannya


Sumber: Dunia Psikologi Anak dan Orang Tua

Oleh: Baju Bayi Blessing

0 comments on "MEMAHAMI KECERDASAN EMOSI ANAK"

Post a Comment

 

baju bayi blessing Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez